Hal yang Dimaksud dengan Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan adalah salah satu proses yang menggunakan solusi keamanan fisik dan perangkat lunak untuk melindungi infrastruktur jaringan yang mendasarinya dari akses yang tidak sah, penyalahgunaan, malfungsi, modifikasi, penghancuran atau pengungkapan fakta yang tidak benar (hoax), menciptakan platform yang aman untuk komputer, pengguna, dan program lainnya. 

Secara keseluruhan, keamanan jaringan berkaitan erat dengan adanya penerapan kebijakan, prosedur, dan alat keamanan untuk mencegah orang atau program yang tidak berwenang mengakses jaringan yang Anda miliki pada saat ini, perangkat yang telah terhubung, dan juga data lalu lintas jaringan. 

Keamanan jaringan ini sendiri telah mencakup berbagai jaringan komputer publik dan pribadi. Segala sesuatu dari pemrosesan transaksi dan komunikasi di dalam dan di luar organisasi hingga lembaga pemerintah dan individu bergantung pada beberapa bentuk keamanan jaringan setiap hari.

Apa Dasar-dasar Keamanan Jaringan?

Keamanan jaringan dikenal otentikasi faktor tunggal. Jaringan yang lebih aman mungkin menggunakan otentikasi dua faktor, di mana pengguna harus "memiliki" sesuatu seperti token keamanan atau ponsel; jaringan lain mungkin menggunakan otentikasi tiga faktor, di mana pengguna harus "memiliki" sesuatu seperti pemindaian sidik jari atau retina. Setelah melakukan otentikasi pengguna.

Hal yang Dimaksud dengan Keamanan Jaringan

Firewall kemudian akan segera menerapkan kebijakan penting untuk menentukan apa yang boleh diakses. Meskipun autentikasi bagus dalam mencegah akses tidak sah, maka autentikasi mungkin gagal memeriksa worm dan trojan yang dikirim melalui jaringan yang digunakan. 

Itu sebabnya keamanan jaringan sering kali memiliki fase yang bekerja sama dalam pertahanan berlapis:

• Perlindungan: Konfigurasikan sistem dan jaringan agar berfungsi dengan sangat baik dengan kontrol akses

• Deteksi: Ini adalah sebuah khusus kemampuan untuk mengidentifikasi kapan konfigurasi telah berubah atau lalu lintas jaringan mencurigakan

• Respons: Setelah teridentifikasi, Anda dapat merespons ancaman cyber dan dengan cepat mengembalikan jaringan ke kondisi aman.

Pertahanan dalam dunia maya adalah hal yang sangat penting sekali karena penjahat dunia maya akan menggunakan beberapa vektor serangan untuk mendapatkan akses ke jaringan Anda. 

Anda juga memerlukan langkah-langkah keamanan untuk melindungi Anda dari kehadiran berbagai jenis malware.

Seperti (malware), phishing, spyware, trojan, ransomware dan masih banyak serangan cyber lainnya. Dengan keamanan jaringan yang baik.

Anda dapat melindungi data sensitif dan mencegah serangan, menghilangkan calon penyerang bahkan setelah mereka mendapatkan akses ke bagian jaringan.

Bagaimana Menerapkan Keamanan Jaringan

Untuk menerapkan strategi keamanan jaringan yang komprehensif, Anda perlu menerapkan serangkaian kontrol keamanan untuk mengurangi risiko keamanan siber:

• Perlindungan jaringan administratif: Metode keamanan yang mengontrol perilaku dan akses jaringan pengguna. Serta memberikan prosedur operasional standar bagi staf IT untuk melakukan perubahan infrastruktur.

• Perangkat lunak antimalware dan antivirus: Perangkat lunak antimalware dan antivirus dirancang untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus malware (perangkat lunak berbahaya) dari komputer.

• Keamanan aplikasi: Aplikasi yang tidak aman untuk digunakan adalah ancaman keamanan umum yang memungkinkan penyerang mengakses jaringan Anda.

• Analisis perilaku: Untuk mendeteksi perilaku yang mencurigakan, maka Anda juga sangat perlu untuk mengetahui seperti apa perilaku normalnya.

• Pencegahan kehilangan data (DLP): Tim pencegahan kehilangan data dan keamanan informasi berupaya memastikan bahwa personel tidak secara sengaja atau tidak sengaja membocorkan data sensitif atau informasi identitas pribadi (PII) ke luar jaringan, yang mengakibatkan pelanggaran data atau kebocoran data.

• Keamanan titik akhir: Keamanan titik akhir adalah metodologi yang digunakan untuk melindungi jaringan perusahaan ketika diakses melalui perangkat jarak jauh seperti laptop atau ponsel.

• Sistem deteksi intrusi (IDS): Sistem deteksi intrusi (IDS) adalah salah satu alat keamanan jaringan yang dirancang untuk mendeteksi adanya eksploitasi kerentanan, aktivitas berbahaya, atau pelanggaran kebijakan.

• Sistem pencegahan intrusi (IPS): Sistem pencegahan intrusi (IPS) akan memonitor jaringan untuk menghadapi aktivitas jahat, seperti ancaman keamanan ataupun pelanggaran kebijakan.

• Perangkat seluler dan keamanan nirkabel: Seperti perangkat apa pun, perangkat nirkabel mungkin memiliki kerentanan dan kerentanan. Hal ini, dikombinasikan dengan kemampuan untuk terhubung ke jaringan tidak aman di luar kantor saat bepergian atau duduk di kafe, sangat meningkatkan risiko serangan man-in-the-middle.

• Kontrol akses jaringan (NAC): Pembatasan selektif pada jaringan komputer ataupun jaringan nirkabel. Proses keamanan jaringan ini membantu mengontrol siapa yang dapat mengakses jaringan Anda.

• Segmentasi jaringan: Segmentasi jaringan yang ditentukan perangkat lunak atau perangkat keras dapat mengurangi risiko penyebaran serangan berbasis jaringan ke seluruh jaringan.

• Perlindungan jaringan teknis: Perlindungan jaringan teknis adalah sebuah hal digunakan untuk melindungi data di jaringan dengan melindungi data yang disimpan dan dikirimkan dari malware dan akses tidak sah. 

Itulah ulasan tentang hal yang dimaksud dengan keamanan jaringan seperti yang dilansir situs slot, Semoga bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan sekali terima kasih atas perhatiannya.

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

Posting Komentar

DOWNLOAD SEKARANG GRATIS

© Frisur. All rights reserved.