Keuntungan Kartu Kredit Untuk Memulai Bisnis

Mengembangkan bisnis dengan menggunakan kartu kredit, mungkin hal ini tidak pernah terlintas di benak Anda. Meski awalnya ditujukan untuk berbagai kebutuhan konsumen, kartu kredit juga bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis. 

Hal ini tentunya harus dilakukan dengan pertimbangan dan perencanaan yang matang, agar tujuan pengembangan usaha dapat tercapai dengan baik.

Kartu Kredit Untuk Memulai Bisnis

Selain itu, pahami juga terlebih dahulu manfaat dan risiko penggunaan kartu kredit dengan benar. Namun tujuan penggunaan fasilitas pembayaran ini tentunya untuk memberikan kemudahan. 

Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika menggunakan Kartu Kredit untuk memulai bisnis, seperti yang telah dilansir dari beberapa sumber.

Pengertian Kartu Kredit

Apa itu kartu kredit? Kartu kredit merupakan alat pembayaran non tunai yang diciptakan oleh bank. Kartu kredit dapat membantu Anda melakukan transaksi terlebih dahulu dan dibayar oleh bank. 

Namun pada akhirnya pengguna harus membayar sejumlah nominal yang ditentukan oleh bank pada setiap awal bulan kepada bank yang bersangkutan.

Sebagian orang akhirnya melakukan transaksi kartu ini karena ingin mendapatkan promo kartu kredit saat berbelanja. 

Pasalnya, kartu kredit telah menjadi alternatif pilihan gaya hidup masyarakat modern, terutama ketika ingin melakukan transaksi kredit seperti saat membeli perangkat elektronik, berbelanja online, bahkan saat berlibur.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Proses Pengajuan yang Cukup Mudah

Bagi sebagian besar pebisnis, pasti memiliki kendala sebelum memulai usahanya. Kendala tersebut biasanya disaat Anda ingin mengakses layanan kartu kredit. Anda memerlukan agunan dan harus memenuhi berbagai persyaratan perbankan, sehingga pencairan kredit seringkali sulit dilakukan. 

Namun lain halnya jika menggunakan kartu kredit, karena produk perbankan ini relatif mudah didapat.

Anda bisa mengajukan permohonan kartu kredit dengan mendatangi langsung cabang bank terdekat dan mengajukan langsung ke customer service. 

Jika Anda sibuk dan tidak memiliki waktu disaat jam kerja, maka Anda bisa mengajukan kartu kredit ini di mall saat bank sedang mengadakan pameran di sana.

Transaksi Aman

Jika beberapa tahun lalu transaksi kartu kredit masih dilakukan dengan menambahkan tanda tangan, kini tidak lagi. Berbagai transaksi yang dilakukan menggunakan fasilitas ini lebih aman.

Sama seperti kartu debit, transaksi kartu kredit juga dilakukan dengan menggunakan PIN. Anda hanya perlu menggunakan PIN yang tepat dan tentunya menjaga kerahasiaannya, maka penggunaan kartu kredit Anda akan aman dari tangan-tangan pengintip.

Kemudahan Bertransaksi

Anda juga bisa menikmati kemudahan dalam bertransaksi jika menggunakan kartu kredit. Fasilitas pembayaran ini dapat digunakan di berbagai merchant yang tersebar di berbagai toko. Anda juga bisa melakukan transaksi tarik tunai dengan mudah di mesin ATM.

Tidak hanya belanja offline, kartu kredit juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi online yang dilakukan dengan menggunakan layanan internet. 

Semua itu akan memudahkan Anda dalam menggunakan produk ini untuk mengembangkan bisnis Anda secara maksimal.

Besaran Bunga Yang Jelas

Jika berbicara mengenai kredit, bunga kredit tentunya menjadi poin penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Mengenai penerapan bunga kartu kredit disesuaikan dengan peraturan BI yang diterbitkan tahun lalu.

Merujuk aturan tersebut, bunga kartu kredit yang diterapkan saat ini maksimal 2,95 persen per bulan. Ini tentu saja merupakan bunga yang kecil jika dibandingkan dengan berbagai pinjaman lain di luar perbankan.

Layanan Bebas Bunga

Saat menggunakan kartu kredit, Anda dapat menikmati layanan bebas bunga. Hal ini tentu berbeda dengan pinjaman lain yang pada dasarnya menerapkan bunga tetap setiap bulannya. Semua tagihan tidak akan dikenakan biaya bunga, jika Anda selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. 

Selain itu, pastikan Anda selalu membayar tagihan secara penuh setiap bulannya. Hal ini akan mencegah timbulnya biaya bunga di bulan berikutnya.

Periode Bebas Bunga Lebih Lama

Tak hanya sebulan, kartu kredit memungkinkan Anda menikmati masa bebas bunga hingga 45 hari. Pastikan Anda memahami dan selalu mengingat tanggal jatuh tempo dan tanggal penagihan dengan benar.

Lakukan transaksi setelah tanggal cetak, sehingga tagihan baru dicetak pada bulan berikutnya, dan Anda mempunyai waktu 15 hari setelah tanggal cetak untuk melakukan pembayaran.

Limit Kredit Besar

Anda bisa mendapatkan limit kartu kredit yang besar, apalagi jika Anda menggunakan kartu kredit dalam jangka waktu lama. 

Biasanya bank akan menaikkan limit kartu secara bertahap, terutama bagi nasabah yang menggunakan kartu kredit dengan baik. Limit kredit yang besar seperti ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnisnya di masa depan.

Tentu tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit sebagai modal mengembangkan bisnis. Namun kartu kredit bukanlah kredit tunai seperti pinjaman usaha, sehingga Anda harus bisa menggunakannya dengan bijak. 

Miliki pertimbangan yang tepat sebelum menggunakan kartu kredit untuk mengembangkan usaha, agar usaha bisa sukses tanpa kendala keuangan di kemudian hari.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Ini Dia Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit Untuk Memulai Bisnis seperti yang dilansir game online. Semoga bermanfaat.

Technophoriajogja adalah Web untuk Pelatihan Komputer dan SDM Indonesia khusus Jogja - Technophoriajogja.com

Posting Komentar

DOWNLOAD SEKARANG GRATIS

© Frisur. All rights reserved.