Jenis Tanaman Hias Daun Anthurium Yang Memiliki Keindahan Luar Biasa

Tanaman Hias Daun Anthurium atau yang disebut kuping gajah merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer

Tanaman Hias Daun Anthurium atau yang disebut kuping gajah merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cukup populer. Meski Anthurium bukan jenis tanaman hias yang paling digemari, namun Anthurium mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman hias. 

Oleh karena itu kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis tanaman hias yang satu ini.

Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Daun Anthurium

Tanaman Hias Daun Anthurium

Anthurium merupakan salah satu jenis tanaman hias yang termasuk dalam famili Araceae. Berikut jenis tanaman hias daun Anthurium. 

Anthurium Metallicum

Anthurium Metallicum merupakan salah satu jenis tanaman hias daun anthurium kuping gajah yang berasal dari Kolombia. Tanaman hias yang masih termasuk dalam famili Araceae ini memiliki daun berwarna hijau tua dan tekstur seperti beludru dengan urat yang menonjol. 

Agar tanaman hias kuping gajah jenis ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, diperlukan perawatan tanaman yang baik dan tepat. 

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik jika diletakkan di tempat yang terang, namun tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini juga membutuhkan penyiraman yang cukup dan kelembapan yang tinggi. 

Tanaman anthurium jenis ini dapat tumbuh dengan baik di dalam pot seperti tanaman hias pada umumnya sebagai perlindungan terhadap iklim dingin yang ekstrim.

Anthurium Forgetii

Anthurium Forgetii merupakan jenis anthurium yang berasal dari Ekuador dan Kolombia. Meski masih satu famili dengan Araceae, namun anthurium ini tergolong tumbuhan epifit dan terestrial yang cara hidupnya bertumpu pada tumbuhan lain. 

Secara umum tanaman anthurium jenis ini terdapat dalam 2 bentuk yaitu polos dan berurat perak. 

Dibandingkan dengan jenis Anthurium lainnya, Anthurium Forgetii ini sedikit rewel dan membutuhkan perawatan yang tepat. 

Namun bagi Anda yang tertarik dengan jenis anthurium ini tidak perlu khawatir karena Anthurium Forgetii terbilang mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar rumah Anda.

Anthurium Regale

Jenis tanaman hias daun anthurium selanjutnya adalah Anthurium Regale. Tanaman hias yang masih termasuk dalam keluarga Araceae ini berasal dari Amerika. Tanaman kuping gajah ini memiliki daun berbentuk hati dengan urat tebal berwarna hijau.

Tekstur daun Anthurium Regale menyerupai beludru dengan bulu-bulu halus. Anthurium jenis ini juga dinilai sulit ditemukan alias langka. Meski begitu, tanaman anthurium ini dapat dibudidayakan dan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sedang.

Anthurium Warocqueanum

Anthurium Warocqueanum atau lebih dikenal dengan lidah gajah merupakan tumbuhan epifit yang tumbuh di daerah hutan hujan dan pegunungan yang lebih rendah pada ketinggian sekitar 200 – 1.400 meter di atas permukaan laut.

Anthurium jenis ini memiliki daun unik yang dapat tumbuh setebal karton, serta memiliki helaian daun bertekstur beludru berwarna hijau tua. 

Secara botani, daun Anthurium Warocqueanum disebut coriaceous karena tebal dan kokoh. Anthurium jenis ini juga tidak disarankan untuk pemula karena perawatannya yang cukup sulit.

Anthurium Crystallinum

Anthurium Crystallinum merupakan salah satu jenis tanaman hias daun anthurium kuping gajah yang populer di Indonesia. 

Anthurium jenis ini mempunyai daun berbentuk hati yang runcing pada bagian bawahnya. Telinga gajah ini juga memiliki guratan-guratan putih pada daunnya yang berwarna hijau beludru.

Tanaman asal Amerika Selatan ini memiliki daun yang cukup banyak dan perawatannya cukup mudah. Anthurium Crystallinum ini dapat tumbuh di daerah rendah hingga dataran tinggi, usahakan jangan diletakkan di ruangan terbuka seperti ruang kerja, agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika terlalu sering terkena sinar matahari langsung, warna daun anthurium akan menguning. Begitu pula sebaliknya, jika sinar matahari kurang, warna daun pun cenderung pucat.

Anthurium Magnificum

Anthurium Magnificum memiliki helaian daun berwarna hijau tua mengkilat dan bertekstur seperti beludru dengan urat keperakan berwarna hijau muda. Daun muda atau baru biasanya berwarna coklat merah anggur.

Anthurium jenis ini membutuhkan tanah dengan sistem drainase yang baik. Tujuannya untuk menyeimbangkan kelembaban air tanah yang digunakan sebagai media tanam. 

Media tanam yang cocok untuk anthurium ini adalah campuran arang, perlite, sphagnum pest-moss, dan mulsa.

Anthurium Clarinervium

Jenis tanaman hias berdaun anthurium, Tarantula Kuping Gajah atau Anthurium Clarinervium, memiliki daun cantik berbentuk hati dengan tekstur seperti beludru. 

Sama seperti anthurium lainnya, Anthurium Clarinervium juga berwarna hijau tua dan hijau muda dengan corak putih.

Tanaman hias asal Amerika ini tergolong tanaman epifit karena tumbuh dengan cara menempel pada tanaman atau pohon lain.

Anthurium Veitchii

Anthurium Veitchii atau yang dikenal dengan King Anthurium merupakan tanaman yang berasal dari kawasan hutan hujan di wilayah Amerika Selatan, tepatnya di Kolombia. Di habitat aslinya, anthurium jenis ini tumbuh pada tumbuhan lain alias epifit. 

Anthurium ini memiliki daun yang sangat besar hingga panjang 2 meter. Bentuk daunnya bergelombang dengan warna hijau mengkilat dan pola uratnya mirip otot perut manusia. 

Merawat anthurium ini mudah, namun membutuhkan lahan yang luas. Anthurium Veitchii dapat tumbuh dengan baik apabila memiliki drainase yang baik, sehingga akar tanaman mendapat sirkulasi udara yang baik pula. 

Dengan begitu, akar tanaman anthurium ini tidak cepat busuk dan tidak terjadi penumpukan bakteri yang menempel pada akar.

Demikian ulasan artikel tentang Jenis Tanaman Hias Daun Anthurium Yang Memiliki Keindahan Luar Biasa seperti yang dilansir alexistogel toto. Semoga bermanfaat. 

Five Kage Vs Otsutsuki Momoshiki , Rescuing Naruto frisur.my.id

Posting Komentar

DOWNLOAD SEKARANG GRATIS

© Frisur. All rights reserved.